Tiga Hari di Bonnie Loch Lomond

Saya telah mengambil jalan tinggi dan akan menjelajahi bonnie, bonnie banks dari Loch Lomond yang semuanya milik saya selama tiga hari ke depan.

Ini adalah hamparan daratan pedalaman terbesar di Britania Raya dan taman nasional di sekitarnya, yang terletak hanya 40 menit di kereta sebelah utara Glasgow, menawarkan beberapa pemandangan paling spektakuler di Eropa utara.

Ini adalah surga bagi siapa saja yang bahkan memiliki minat yang lewat di alam terbuka. Pengendara sepeda, pejalan kaki, penggemar satwa liar, dan mereka yang ingin menikmati memancing dapat memenuhi sepatu mereka.

Tiba pada akhir Oktober, kami sepenuhnya mengharapkan hamparan awan dan hujan harian. Sayangnya, Anda harus memanfaatkannya. Pakailah baju tahan air Anda dan keluarlah dan nikmati.

Tapi kami mencapai jackpot. Cuaca kaos oblong di Skotlandia, pada akhir Oktober. Bukan awan di langit dan cukup hangat sehingga saya kembali ke rumah (saya tinggal di Spanyol Selatan) dengan lebih banyak cokelat daripada yang tersisa.

Kami memulai perjalanan di desa Drymen yang indah, pemberhentian semalam yang populer bagi para pendaki di West Highland Way dan sekitar 8 km ke pedalaman dari tujuan kami di Lochside, Balmaha.

Jalan kami membawa kami ke beberapa pemandangan yang berbeda. Lihatlah ke satu arah dan Anda disajikan dengan lanskap mirip tundra yang mengingatkan pada belantara Alaska, lihat yang lain dan ada merah, emas, dan hijau yang memudar dari koniferi musim gugur di perbukitan yang mengelilingi danau.

Kami berjalan sejauh sekitar 5 km, menikmati permadani lanskap yang kaya yang ditawarkan sebelum naik ke puncak kecil Conic Hill yang tajam dan menikmati pemandangan Loch dan pulau-pulaunya yang dramatis.

Sederet pulau yang subur dan hijau, berkilauan seperti permata di matahari sore. Saya membayangkan saya berada di Fiji, Whitsundays Australia atau di tempat lain yang sama-sama beriklim tropis. Tapi kemudian, pasangan saya memberi saya sekaleng Irn Bru (minuman ringan lokal bersoda) dan saya tahu saya jauh dari daerah tropis. Saya paling pasti, tanpa pertanyaan, di Skotlandia. Dan aku mencintainya.

Keesokan harinya kami kembali ke Balmaha di mana kami menyewa perahu dayung dan melakukan perjalanan singkat ke pulau Inchcailloch yang “terpesona”.

Itulah deskripsi di situs web resmi. Dan, sementara dewan turis mungkin telah bermain cepat dan lepas dengan kamus, ada sesuatu yang sedikit menyihir tentang belenggu pepohonan dan bumi 50 hektar ini.

Pulau ini menerima sekitar 20.000 pengunjung setiap tahun, tetapi ketika kami tiba, itu sangat sepi.

Kami berjalan di sepanjang dermaga reyot dan berjalan menyusuri jalan hutan sempit yang membawa kami lebih dalam ke pelukan hutan sampai kami mencapai tempat tujuan pertama kami – sebuah tanah pemakaman kuno milik klan McGregor legendaris, kerabat pahlawan rakyat Skotlandia yang dicintai Rob Roy.

Papan informasi di gerbang juga mengungkapkan asal-usul nama Gaelik pulau ‘Inchailloch’, yang diterjemahkan menjadi “Pulau wanita tua”. Wanita tua yang dimaksud adalah Saint Kentigerna, yang sebagian bertanggung jawab atas penyebaran agama Kristen di seluruh Skotlandia.

Tiba-tiba, entah dari mana, makhluk melesat melewati saya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Aku kembali tersentak kaget, menangkap sekilas sekilas binatang itu dan lega itu hanya seekor rusa.

Roe deer telah berkeliaran di Incahilloch sejak zaman Robert the Bruce ketika pulau itu digunakan untuk berburu. Tetapi mereka bukan penghuni yang paling ingin tahu di Loch, bukan dengan bentangan yang panjang.

Neighboring Inchconnachan sebenarnya adalah rumah bagi koloni walabi. Anehnya sejarah, koloni ini diperkenalkan oleh bangsawan setempat Lady Colquhoun pada tahun 1940-an dan sejak itu berkembang menjadi salah satu dari sedikit populasi walabi di luar Australia.

Sementara tidak ada antipodean anomali terlihat melompat-lompat di sekitar Incahilloch perjalanan mini kami terbukti bermanfaat. Kami telah menyerap sedikit sejarah, berkenalan dengan satwa liar setempat dan masih ada waktu untuk menuju ke pantai dan menikmati matahari terbenam sebelum kembali ke perahu.

Beberapa penduduk setempat memberi tahu kami bahwa desa Luss, yang terletak di tepi barat Loch, adalah yang terindah di seluruh Skotlandia.

Tidak dapat menolak kesempatan untuk mengunjungi tempat yang dijelaskan dalam istilah yang begitu indah yang kami bajak melalui sarapan pagi, menyewa beberapa sepeda dan memulai perjalanan sejauh 15 km yang akan membawa kami ke sana.

Dalam perjalanan kami singgah di dusun kecil Aldochay yang terletak di tepi Loch dan di seberang salah satu pulau yang lebih besar, Inchtavannach.

Ditutupi di karpet yang kaya pohon ek, Inchtavannach menawarkan puncak kembar naik lebih dari 200 kaki dan rumah soliter besar terlihat melalui kliring di hutan.

Penyair Samuel Taylor Coleridge dan William Wordsworth berkunjung pada tahun 1803 dan saya yakin itu memberi mereka banyak inspirasi romantis. Namun, meski mengesankan, saya tertarik ke pulau yang jauh lebih kecil yang tidak mungkin lebih dari 25 meter dari pantai.

Islet buatan manusia, atau ‘Crannog’, telah diciptakan oleh penghuni Zaman Besi sebagai tempat berlindung yang aman dari pemangsa.

Pikiran saya berpaling dari Zaman Besi ketika saya mempelajari pondok sebelah. Salah satu dari hanya tiga tempat tinggal di daerah itu, dipenuhi dengan sekitar 50 gnome kebun dan segala macam patung imut dari kelinci kelinci miniatur sampai ke keluarga bebek hias.

Dan kemudian saya menyadari apa yang membuat ini bagian dari Skotlandia sangat menyenangkan. Sebuah pondok yang ditorehkan dalam chintz yang memikat bisa berdiri hanya beberapa meter dari tempat bersejarah dan bahkan tidak terlihat sedikit pun tidak pada tempatnya.

Kekuatan warisan daerah menjadi lebih jelas ketika kami tiba di Luss, sebuah desa yang pada dasarnya penduduk Skotlandia yang memiliki tempat pembuatan rok dan bagpipe sendiri.

Desa ini terdiri, hampir seluruhnya, dari pondok-pondok menawan, dekat identik, abad 18 dan 19, yang dulunya rumah bagi para pekerja di tambang batu tulis di dekatnya dan dibangun oleh salah satu dari beberapa perusahaan filantropi yang benar-benar peduli untuk kesejahteraan staf mereka.

Pondok-pondok sekarang beroperasi sebagai toko-toko, kedai kopi dan rumah bagi penduduk setempat, tetapi mereka terlihat hampir persis seperti yang mereka lakukan 150 tahun yang lalu. Perawatan yang dilakukan saat pertama kali dibangun jelas terus berlanjut hingga hari ini.

Luss sangat mudah di mata dengan Ben Lomond, yang paling selatan Munro (gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 kaki), mendominasi pemandangan utara atas Loch dan Bukit Luss naik ke barat.

Dan itu, selain dari toko suvenir kecil yang menjual roti dan wiski, cukup banyak jumlah itu. Tidak ada gembar-gembor dan bahkan tidak ada sedikitpun kelengketan – hanya satu plang khusus yang menyatakan Luss sebagai ‘desa terindah Skotlandia’.

Jelas, tidak perlu membuat lagu dan menari tentang hal-hal di bagian dunia ini.

Luss, seperti seluruh wilayah Loch Lomond, istimewa karena begitu banyak hal yang membuatnya luar biasa telah dilestarikan dengan hati-hati. Dan mengapa Anda ingin mengubahnya? Itu lebih dari cukup cantik seperti itu.